Rabu, 24 September 2014

SEARCH ENGINE

tahukah kamu ?
“SEARCH ENGINE”
        Pada postingan sebelumnya, kita sudah mengetahui cara kerja mesin pencarian atau disebut juga search engine. Search engine adalah situs yang sering kita kunjungi. Saat kita ingin mencari suatu informasi, kita pasti mengunjungi search engine.
        Search engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Berikut ini, kita akan mengetahui beberapa jenis search engine beserta informasi-informasinya.
1. Google Search

      Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. Google Search adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya. Sekian ratus juta kueri dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam layanan yang disediakan.
>> URL : google.com
>> Teknologi
        Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada peringkat prioritas bernama "PageRank". Google Search memberikan banyak pilihan pencarian kustom dengan operator Boolean seperti: pengecualian ("-xx"), alternatif ("xx OR yy"), dan kartu liar ("x * x").
        Google Search menyediakan sedikitnya 22 fitur istimewa selain pencarian kata, yaitu sinonim, ramalan cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah, dan skor olahraga. Ada pula fitur istimewa untuk penanggalan, termasuk rentang angka (70..73), harga, suhu, konversi mata uang ("10.5 cm in inches"), perhitungan ("3*4+sqrt(6)-pi/2"), pelacakan paket, paten, kode wilayah, dan penerjemahan bahasa. Pada bulan Juni 2011, Google meluncurkan "Google Voice Search" dan "Search by Image" yang memungkinkan pengguna mencari sesuatu dengan perintah suara dan gambar. Bulan Mei 2012, Google memperkenalkan fitur pencarian semantik Knowledge Graph untuk kawasan Amerika Serikat.
>> Pengembang :
      Google Search awalnya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford tahun 1997.
>> Pemilik : Google Inc.
>> Peluncuran : 15 September 1997
>> Kelebihan :        
1.    Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2.   Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3.   Tampilan yang sederhana.
4.   Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5.   Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
>> Kekurangan :
1.    Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2. Yahoo! Search
        Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.
>> Teknologi
        Yahoo! Search, awalnya disebut sebagai Yahoo! menyediakan antarmuka pencarian, akan mengirimkan pertanyaan ke indeks pencarian halaman yang dilengkapi dengan direktori situs. Hasilnya disajikan kepada pengguna di bawah merek Yahoo!. Awalnya, tidak ada web yang sebenarnya dan penyimpanan/pengambilan data yang dilakukan oleh Yahoo! sendiri. Pada tahun 2001, indeks pencarian ini didukung oleh Inktomi dan kemudian didukung oleh Google sampai tahun 2004, ketika Yahoo! Search menjadi independen.
>> Pengembang :
        Pada bulan Januari 1994, Jerry Yang dan David Filo membuat sebuah situs web yang diberi nama “Jerry’s Guide to the World Wide Web.” Awalnya, situs Jerry’s Guide to the World Wide Web hanyalah sebuah direktori daftar bookmark yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Fungsinya hanyalah sebagai penunjuk bagi situs-situs lain.
        Bulan April 1994, “Jerry’s Guide to the World Wide Web” diganti namanya menjadi “Yahoo!”. Nama baru ini diambil oleh Filo dan Yang dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Mereka memilih kata unik tersebut karena menyukai makna katanya yang berarti “primitif, kuno, kasar”. Selain itu Yahoo juga adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.
        Akhir tahun 1994, Yahoo mencatat perkembangan mencengangkan karena telah di-klik oleh sekitar satu juta pengunjung. Menyadari potensi ini, Yang dan Filo membadan-hukumkan Yahoo sebagai sebuah perseroan terbatas pada 1 Maret 1995.
>> Pemilik : Yahoo! Inc.
>> Peluncuran : 1 Maret 1995
>> Kelebihan :
1.    Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2.   Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3.   Fiturnyanya yang komplit.
4.   Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
>> Kekurangan :
1.    Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
2.   Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
3.   Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
4.   Fitur Y!M masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
5.   Skin untuk Y!M masih sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
3. Bing
    Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai "mesin pengambil keputusan/decision engine") yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
>> URL : www.bing.com
>> Teknologi
        Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:
1.    Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2.   Images untuk pencarian gambar.
3.   News untuk pencarian berita.
4.   xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
        Pada Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger” ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.
>> Pengembang :
     Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
>> Pemilik : Microsoft
>> Peluncuran : 1 Juni 2009
>> Kelebihan :
1.    Gambar latar belakang yang variatif
2.   Fasilitas Instant Answer
3.   Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail
4.   Kotak detail pada link hasil pencarian
5.   Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif
6.   Fasilitas Related Searches
7.   Fasilitas Smart Video preview
4. AltaVista
        AltaVista merupakan search engine yang cukup terkenal dimata dunia. Suatu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Di altavista, kita bisa mencari berbagai informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita.
>> URL : www.altavista.com
>> Teknologi
            AltaVista diluncurkan pada 1995 ketika mesin pencari umumnya memberikan tampilan seadanya. Altavista menjadi sangat populer ketika mampu menyusun sekitar 20 juta laman website, jauh lebih banyak ketimbang para pesaingnya pada saat itu.
        Ketika itu AltaVista sudah mampu mengembangkan teknologi "crawler" yang bisa menemukan berbagai laman website, mencatat isi web dan menggunakan sebuah komputer yang sangat cepat untuk menampilkan hasil pencarian dengan segera.
>> Pengembang :
     AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto.
>> Peluncuran : 15 Desember 1995
>> Kelebihan :
1.    Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2.   Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
>> Kekurangan :
1.    Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
5. Microsoft Network (MSN)
      Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista. Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.
>> URL : search.msn.com                         
>> Teknologi
        Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Search engine watch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
>> Pengembang : Microsoft
>> Pemilik : Microsoft
>> Peluncuran : 24 Agustus 1995
>> Kelebihan :
1.    Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
>> Kekurangan :
1.    Pencarian dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2.   Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

Sumber : 
http://id.wikipedia.org/
http://salis-rosyida-i.blog.ugm.ac.id/2013/09/17/macam-macam-search-engine-mesin-pencari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar