tahukah kamu ?
“SEARCH ENGINE”
Pada postingan sebelumnya, kita sudah
mengetahui cara kerja mesin pencarian atau disebut juga search engine. Search engine adalah situs yang sering kita
kunjungi. Saat kita ingin mencari suatu informasi, kita pasti mengunjungi
search engine.
Search engine atau situs mesin pencari
yang paling dikenal saat ini adalah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi
search engine yang ada di dunia. Berikut
ini, kita akan mengetahui beberapa jenis search engine beserta
informasi-informasinya.
1. Google Search
Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari
web yang dimiliki Google Inc. Google Search adalah mesin pencari
yang paling banyak digunakan di dunia maya.
Sekian ratus juta kueri dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web
melalui berbagai macam layanan yang disediakan.
>> URL : google.com
>> Teknologi
Urutan hasil pencarian Google sebagian
didasarkan pada peringkat prioritas bernama "PageRank".
Google Search memberikan banyak pilihan pencarian kustom dengan operator
Boolean seperti: pengecualian ("-xx"), alternatif
("xx OR yy"), dan kartu liar ("x *
x").
Google Search menyediakan sedikitnya 22
fitur istimewa selain pencarian kata, yaitu sinonim, ramalan cuaca, zona waktu,
pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah,
dan skor olahraga. Ada pula fitur istimewa untuk penanggalan, termasuk rentang
angka (70..73), harga, suhu, konversi mata uang ("10.5 cm in
inches"), perhitungan ("3*4+sqrt(6)-pi/2"), pelacakan paket,
paten, kode wilayah, dan penerjemahan bahasa. Pada
bulan Juni 2011, Google meluncurkan "Google Voice Search"
dan "Search by Image" yang memungkinkan pengguna mencari sesuatu
dengan perintah suara dan gambar. Bulan Mei 2012, Google memperkenalkan fitur pencarian semantik Knowledge Graph untuk
kawasan Amerika Serikat.
>> Pengembang :
Google Search awalnya
dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey
Brin
pada saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford tahun 1997.
>> Pemilik : Google
Inc.
>> Peluncuran : 15 September 1997
>> Kelebihan :
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3.
Tampilan yang sederhana.
4.
Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang
memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu
pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5.
Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita
artikel, hiburan dll.
>> Kekurangan :
1.
Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin
pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak
diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma
Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian
pun terasa tergangggu.
2. Yahoo! Search
Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet
multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.
Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search),
Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups,
Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video,
olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web
terbesar di Amerika Serikat.
>>
Teknologi
Yahoo!
Search, awalnya disebut sebagai Yahoo! menyediakan antarmuka pencarian,
akan mengirimkan pertanyaan ke indeks pencarian halaman yang dilengkapi dengan
direktori situs. Hasilnya disajikan kepada pengguna di bawah merek Yahoo!.
Awalnya, tidak ada web yang sebenarnya dan penyimpanan/pengambilan data yang
dilakukan oleh Yahoo! sendiri. Pada tahun 2001, indeks pencarian ini didukung
oleh Inktomi dan kemudian
didukung oleh Google
sampai tahun 2004, ketika Yahoo! Search menjadi independen.
>> Pengembang :
Pada bulan Januari 1994, Jerry Yang dan David Filo membuat
sebuah situs web yang diberi nama “Jerry’s Guide to the World Wide Web.”
Awalnya, situs Jerry’s Guide to the World Wide Web hanyalah sebuah direktori
daftar bookmark yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Fungsinya hanyalah
sebagai penunjuk bagi situs-situs lain.
Bulan April 1994, “Jerry’s Guide to the World Wide Web” diganti namanya menjadi “Yahoo!”. Nama baru ini diambil oleh Filo dan Yang dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Mereka memilih kata unik tersebut karena menyukai makna katanya yang berarti “primitif, kuno, kasar”. Selain itu Yahoo juga adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.
Bulan April 1994, “Jerry’s Guide to the World Wide Web” diganti namanya menjadi “Yahoo!”. Nama baru ini diambil oleh Filo dan Yang dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Mereka memilih kata unik tersebut karena menyukai makna katanya yang berarti “primitif, kuno, kasar”. Selain itu Yahoo juga adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.
Akhir tahun 1994, Yahoo mencatat
perkembangan mencengangkan karena telah di-klik oleh sekitar satu juta
pengunjung. Menyadari potensi ini, Yang dan Filo membadan-hukumkan Yahoo
sebagai sebuah perseroan terbatas pada 1 Maret 1995.
>> Pemilik : Yahoo!
Inc.
>> Peluncuran : 1 Maret 1995
>> Kelebihan :
1.
Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh
orang-orang.
2.
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3.
Fiturnyanya yang komplit.
4.
Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog
web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman
login dengan keterangan yang cukup jelas.
>>
Kekurangan :
1.
Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
2.
Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk
windows, seperti IM dan msn
3.
Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang
disalah gunakan
4.
Fitur Y!M masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran
windows
5.
Skin untuk Y!M masih sangatlah simple, tak seperti IM
yang ada cukup banyak
3. Bing
Bing (sebelumnya Live
Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari
web (diiklankan sebagai "mesin pengambil keputusan/decision
engine") yang bernaung di bawah bendera Microsoft.
Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga
mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
>> URL : www.bing.com
>> Teknologi
Bing
diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini
memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di
samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi
historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing mengelompokkan
pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:
1.
Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2.
Images untuk pencarian gambar.
3.
News untuk pencarian berita.
4.
xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak
dicari oleh pengguna Bing.
Pada
Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru,
dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih
relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger” ini telah dimasukkan ke Bing secara
global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan ulang
lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah sisi” (Sidebar), fitur sosial
yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapatkan informasi yang
relevan dengan kata kunci pencarian.
>> Pengembang :
Mesin pencari ini
diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve
Ballmer
pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi
diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live
Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
>> Pemilik :
Microsoft
>> Peluncuran : 1 Juni 2009
>> Kelebihan :
1.
Gambar latar belakang yang
variatif
2.
Fasilitas Instant Answer
3.
Hasil pencarian image
atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail
4.
Kotak detail pada link hasil
pencarian
5.
Tampilan Bing Maps yang
lebih interaktif
6.
Fasilitas Related Searches
7.
Fasilitas Smart Video
preview
4. AltaVista
AltaVista merupakan search engine yang
cukup terkenal dimata dunia. Suatu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari
terbesar. Di altavista, kita bisa mencari berbagai informasi berupa web,
gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita.
>> URL :
www.altavista.com
>> Teknologi
AltaVista
diluncurkan pada 1995 ketika mesin pencari umumnya memberikan tampilan
seadanya. Altavista menjadi sangat populer ketika mampu menyusun sekitar 20
juta laman website, jauh lebih banyak ketimbang para pesaingnya pada saat itu.
Ketika itu AltaVista sudah mampu mengembangkan teknologi "crawler" yang bisa menemukan berbagai laman website, mencatat isi web dan menggunakan sebuah komputer yang sangat cepat untuk menampilkan hasil pencarian dengan segera.
Ketika itu AltaVista sudah mampu mengembangkan teknologi "crawler" yang bisa menemukan berbagai laman website, mencatat isi web dan menggunakan sebuah komputer yang sangat cepat untuk menampilkan hasil pencarian dengan segera.
>> Pengembang :
AltaVista diciptakan oleh
para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory
yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang
jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa
yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang
menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama
AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo
Alto.
>> Peluncuran : 15 Desember 1995
>> Kelebihan :
1.
Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video,
gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu
mencari berita teraktual.
2.
Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang
akan ditampilkan.
>> Kekurangan :
1.
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering
kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya
dengan tema yang dicari.
5. Microsoft Network (MSN)
Microsoft
Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft.
Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem
operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.
Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download
IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.
>> URL
: search.msn.com
>> Teknologi
Mesin pencari dari Microsoft Network ini
menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai
Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini.
Situs Search engine watch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer
setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan
pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
>> Pengembang : Microsoft
>> Pemilik :
Microsoft
>> Peluncuran : 24 Agustus 1995
>> Kelebihan :
1.
Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format
file spesial.
>> Kekurangan
:
1.
Pencarian dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil
ditampilkan di halaman MSN.
2.
Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan
iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil
asli melalui sebuah titik di depannya.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/
http://salis-rosyida-i.blog.ugm.ac.id/2013/09/17/macam-macam-search-engine-mesin-pencari/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar